11resizedMengalir seperti air seperti kata pepatah orang bijak, setelah memperoleh gelar Profesor dengan gemilang pada tahun 2011, dia pun dilantik sebagai Staf Ahli Menteri Sekretaris Negara bidang Ekonomi dan Kesra di Kementrian Sekretariat Negara. Rasa syukur dan berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa diucapkannya atas segala kasih dan anugerahNya.

Hal inilah yang terucap dari Profesor Dr. Sihol Situngkir SE, MBA, pria kelahiran 5 Februari 1959 di desa Situngkir, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Merujuk atas prestasi yang telah banyak diperolehnya, bukanlah mustahil apabila peraih peneliti terbaik Asia bidang Manajemen (Asian Research Paper Award) yang diselenggarakan oleh Faculty of Business and Accountancy, University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia tahun 2005 dan juga Konseptor pidato pribadi mantan Gubernur Jambi, Drs. H. Zulkifli Nurdin, MBA ini dilantik sebagai Staf Ahli Menteri Sekretaris Negara.

Mahasiswa teladan Universitas Jambi, penerima beasiswa dari Yayasan Supersemar Jakarta, yang pernah diundang ke Istana Negara tahun 1981 untuk menghadiri perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dan mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, termasuk berbagai hadiah dari Presiden Soeharto dan Ibu Negara Tien Soeharto, diharapkan dapat mumpuni mengemban tugas yang telah diamanahkan kepadanya. Di almamaternya Universitas Jambi namanya harum dan tercatat sebagai Dosen Teladan I Fakultas Ekonomi tahun 1995, Dosen Berprestasi Unja tahun 2007 dan Dosen Terfavorit Program Magister Manajemen (MM) tahun 2008 versi Survei Kelompok Mahasiswa Konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia MM. Semua prestasi akademik diperolehnya melalui jalur “Beasiswa”.

Untuk memperoleh gelar MBA program S2 di International Graduate School of Management, University of South Australia, anak desa ini mendapat beasiswa AUSAID dari Pemerintah Australia. Di negara Kanguru, Adelaide Australia Selatan ini dengan bakat kepemimpinan yang telah menyatu dalam dirinya, terbukti tamatan SMEA Negeri Tebing Tinggi, Deli Serdang ini terpilih menjadi Wakil Presiden Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia Selatan (PPIA) dan menjadi Ketua Panitia Seminar Internasional Pemuda Indonesia di Adelaide.

Seiring dengan prestasi yang diperolehnya, suami dari Oloria Paskaria Simarmata, Amd ini menerima penghargaan dalam membina masyarakat Indonesia di Australia Selatan dari Konsul Jenderal RI di Sydney. Prestasi yang paling cemerlang diraihnya adalah ketika menyelesaikan pendidikan Doktor Ekonomi Manajemen (S3) di Program Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung. Pada sidang terbuka dia mempertahankan disertasinya dengan predikat “Cum Laude” dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,97 di hadapan para Guru Besar Program Pascasarjana Universitas Padjajaran. Hal ini pun dapat diraihnya berkat dia mendapat beasiswa dari Bank Dunia yang disalurkan melalui jalur BPPS Dirjen Dikti Depdiknas RI dan mendapat bantuan riset dari Bank Indonesia.

Semoga jabatannya sebagai Staf Ahli bidang Ekonomi dan Kesra di Kementerian Sekretariat Negara ini menjadi awal untuk menuju sesuatu yang lebih besar lagi agar nama besar Raja Silahisabungan semakin harum.